Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan

    Pernahkah kamu melihat hewan-hewan yang sedang bergerak untuk mencari mangsa atau bermigrasi? Seolah-olah hewan tersebut telah mengetahui arah gerakannya bukan? Apakah kamu mengetahui cara hewan mencari mangsa atau bermigrasi? Salah satu cara hewan mencari mangsa atau bermigrasi adalah dengan menggunakan prinsip kemagnetan. Jika selama ini kamu hanya mengetahui fungsi magnet untuk produk rumah tangga, ternyata magnet juga ada di dalam tubuh makhluk hidup sebagai alat navigasi. Penggunaan magnet dan sifat kemagnetan di dalam tubuh hewan atau manusia disebut dengan biomagnetisme. Lebih jelasnya, ayo kita pelajari bab ini dengan penuh semangat!


Ayo, Kita Pelajari!

     Kehidupan makhluk di bumi sangat dipengaruhi oleh medan magnet bumi. Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi. Sebagian besar hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Medan magnet bumi yang berada di sekitar bumi, dapat memengaruhi batang magnet yang diletakkan bebas di sekitar permukaan bumi. Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena  di dalam tubuh hewan terdapat magnet. Fenomena tersebut dinamakan biomagnetik. Selain itu, medan magnet bumi dapat membantu hewan dalam menentukan arah migrasi, mempermudah upaya mencari mangsa, atau menghindari musuh dan juga bisa berperan dalam kesehatan. Berikut adalah beberapa hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi.
1. Burung
     Beberapa jenis burung, seperti burung elang dan burung layang-layang, melakukan migrasi pada tiap musim tertentu. Burung tersebut menggunakan partikel magnetik yang ada pada tubuhnya untuk menciptakan peta atau navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi.


Sumber: www.mongabay.co.id
Migrasi Burung

     Pemanfaatan medan magnet bumi juga digunakan burung merpati pos. Ternyata merpati memanfaatkan medan magnet bumi sebagai penunjuk arah pulang. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian Comel pada tahun 1974 yang memasang magnet di kepala burung merpati. Ternyata, setelah dipasang magnet di kepala burung merpati tiba-tiba kehilangan arah dan tidak mengetahui jalan pulang. Ternyata, pada paruh merpati terdapat butiran-butiran magnet yang merupakan pusat pengindra magnetik burung tersebut.
2. Salmon
Ikan Salmon adalah ikan yang hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Salmon memiliki kemampuan untuk kembali ke aliran sungai tawar tempat awal mereka menetas dan tumbuh setelah berenang ribuan mil mengarungi lautan. Penelitan dilakukan terhadap ikan salmon yang melewati Sungai Fraser di Canada dan kembali ke Sungai Fraser lagi dua tahun bermigrasi mengarungi Samudra Pasifik. Hal ini dikarenakan Sungai Fraser memiliki medan magnet tertentu yang dapat dideteksi oleh ikan salmon.

Sumber: fish-journal.com
Ikan Salmon

3. Penyu
     Penyu memulai dan mengakhiri migrasi di Pantai Timur Florida Amerika Serikat. Jalur migrasi sepanjang 12.900 km melewati Laut Sargasso, wilayah perairan Laut Atlantik Utara. Waktu yang dibutuhkan untuk sekali migrasi antara 5-10 tahun. Tidak seperti migrasi hewan lain yang umumnya dilakukan secara berkelompok, penyu bermigrasi sendiri tanpa mengikuti penyu lain. Seorang peneliti yang bernama Kenneth Lohmann dari Universitas Carolina Utara mempelajari tingkah laku anak penyu saat dihadapkan magnet yang berbeda-beda. Medan magnet yang dihasilkan disesuaikan dengan medan magnet jalur migrasi penyu, yaitu wilayah Florida Utara, wilayah timur laut dekat Portugal. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penyu mengikuti jalur migrasi yang diberikan.

Sumber: Pixabay/Jarmoluk
Penyu yang Bermigrasi

     Ketika penyu mendeteksi medan magnet yang mirip dengan medan magnet wilayah dekat Portugal, penyu akan berenang menuju selatan ke arah Portugal. Pergerakan penyu dalam mengikut jalur medan magnet bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.
4. Lobster Duri
     Lobster Duri merupakan jenis lobster air laut yang melakukan migrasi Peneliti Kenneth Lohmann juga mengobservasi kemampuan Lobster Duri untuk mendeteksi medan magnet dengan cara meletakkan lobster duri kedalam bak air yang dapat diatur medan magnetnya. Setiap kali medan magnet diubah, lobster duri akan menyesuaikan diri untuk tetap bergerak menuju arah kutub utara. Hasil dari observasi tersebut membuktikan bahwa lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas pantai Florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setiap akhir musim gugur.

Sumber: docplayer.info
Lobster Duri Mengikuti Arah Perubahan Medan Magnet

5. Bakteri
     Magnetotatic bacteria merupakan kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet. Beberapa jenis bakteri ini memiliki flagela yang berfungsi sebagai pendorong saat bergerak.

Sumber: docplayer.info
Magnetosome pada Bakteri Magnetospirillum magnetotacticum Saat Dilihat dengan menggunakan Mikroskop Elektron dengan Perbesaran Ribuan Kali

     Jenis bakteri ini ditemukan pertama kali oleh Richard P. Blakemore pada tahun 1975. Magnetosome tersusun atas senyawa magnetite (Fe3O4) atau greigite (Fe3S4) yang memiliki sifat kemagnetan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan magnet sintetik atau yang dibuat oleh manusia. Magnetosome dan senyawa yang terkandung di dalamnya masih terus diteliti dan diduga memiliki potensi yang besar untuk digunakan dalam bidang kesehatan.

Penjelasan:
Fungsi atau manfaat medan magnet terhadap hewan, antara lain:
1. Untuk menciptakan peta atau navigasi.
2. Untuk mengetahui arah atau jalan untuk menuju ke habitatnya.
3. Untuk memandu migrasi yang mereka lakukan
4. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, seperti mempermudah upaya mencari mangsa, atau menghindari musuh.

Hewan-hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi untuk bermigrasi antara lain:
1. Burung.
2. Ikan Salmon.
3. Penyu.
4. Lobster Duri.
5. Bakteri Magnetospirillum magnetotacticum.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai "Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan".

Untuk menambah informasi tentang "Pemanfaatan Magnet pada Migrasi Hewan", STUDY ROOM sudah menyiapkan Soal Latihan nih!
Ayo, Kerjakan! Agar tambah ilmu, tambah pengalaman!

*Klik "Ayo, Kita Berlatih!" untuk melanjutkan ke soal!. Dan jika anda tidak beralih atau ada masalah, klik disini!

~Selamat Belajar dan Semoga Bermanfaat~

#DiRumahAja
#COVID_19

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Teknologi Ramah Lingkungan

Bilangan Bulat